.:: Selamat Datang dan Bergabung di Website Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur ::.

Thursday, February 2, 2012

UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Pare


a.     Kantor

Balai Benih Ikan (BBI) Pare sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan dan Perikanan, keberadaan BBI Pare sangat penting selain mendukung dalam penyediaan kebutuhan benih ikan yang bermutu (genetiknya jelas) selain sebagai percontohan teknologi budidaya ikan, juga dapat sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD)  dari Sub Sektor Perikanan. BBI dituntut untuk lebih profesional dalam mengelolanya, mengingat fungsi ganda BBI sebagai pembina bagi Usaha Pembenihan Rakyat (UPR) di sekitarnya.
  


Balai Benih Ikan (BBI) Pare merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang berada dibawah Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupataen Kediri. BBI Pare dibangun pada tahun 1979 dengan APBD Provinsi, dan mulai beroperasi di tahun yang sama. Letak BBI pare berada di Jalan. Puncak jaya II no 36 Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, memiliki jarak ± 20km dari pusat pemerintahan kabupaten ± 105 km dari ibukota provinsi Jawa Timur.
          Luas BBI Pare keseluruhan 1,7 Ha, luas kolamnya 0,95 Ha yang terbagi menjadi 18 unit. Sumber air berasal dari sungai Sarinjing melalui saluran irigasi yang mengalir sepanjang tahun. Komoditas ikan yang dikembangkan meliputi 5 (lima) jenis ikan konsumsi yaitu : Gurami, Nila, Tombro/Mas, Lele, dan Tawes. Selain itu terdapat komoditas ikan hias yang dikembangkan yaitu Koi dan Komet.
 
1.    SARANA dan PRASARANA
Sarana prasarana yang dimiliki BBI pare guna mendukung kegiatan pembenihan dan perbanyakan induk meliputi:
b.    Aula Serba Guna
c.    Laboratorium
d.    Gudang pakan dan peralatan
e.    Kolam
       Terdapat 18 kolam yang terbagi menjadi kolam induk, kolam pemijahan, kolam pendederan, kolam penampungan dan kolam calon induk.
f.     Peralatan Pembenihan
            Happa, seser, kakaban, jaring, waring, bak panen, tanjaran, dsb.
g.    Peralatan Laboratorium
            pH meter, Refraktometer, Do meter, Mikroskop, Thermometer, Secci disk, dsb.
Selain sarana tersebut juga terpadat stok induk ikan yang berkualitas yang mampu menghasilkan benih dengan mutu baik. Adapun stok induk yang ada di BBI pare yaitu Gurame, Nilla, Tawes, Tombro dan Lele.




2.    FUNGSI
Dalam melaksanakan tugas, Balai Benih Ikan (BBI) Pare berfungsi secara umum melaksanakan pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya perikanan yang dimiliki Kabupaten Kediri. Selain itu BBI pare juga memiliki beberapa fungsi penting yang berkaitan langsung dengan proses produksi oerikanan di kabupaten Kediri yaitu
a.    Melaksanakan pelayanan dan pembinaan terhadap Unit Pembenihan Rakyat (UPR).
b.    Pelaksana pemantauan dan evaluasi kegiatan perbenihan ikan.
c.    Perbanyakan Induk dan benih ikan
d.    Pemasaran produksi benih BBI
e.    Pelaksana kordinasi dan pelaporan kepada bidang-bidang terkait pada Dinas Peternakan dan Perikanan

No comments:

Post a Comment